Home » , » Review Film : This is England (2006)

Review Film : This is England (2006)

This Is England (2006) - Drama


SINOPSIS
Menyoroti kehidupan seorang bocah di Inggris di tahun 1983 yang mencoba bergabung dengan perkumpulan skinhead. Dengan sikap polosnya itu , dirinya idak butuh waktu lama untuk diterima dengan anak-anak skinhead lainnya. Banyak kejadian yang dialami si bocah lugu ini termasuk bagaimana perilaku kehidupan skinhead dan pemikiran-pemikiran idealis mereka.Apakah lingkungan baru yang dialami bocah ini bisa memberikan pelajaran berharga padanya?


 REVIEW 
This is England adalah film yang berkisah tentang kehidupan skinhead di Inggris . Jadi bagi anda yang belum mengetahui apa itu skinhead (klo sudah tau mah lanjut gan) , terlebih dahulu anda mencari referensi mengenai skinhead. Agar sepanjang filmnya bergulir, kita dapat mengerti atau seitdaknya memiliki gambaran bagaimana pemikiran idealis mereka bisa terbentuk seperti yang dikisahkan dalam film ini
"Honestly mate, you look sterling"
Storyline-nya diawali ketika Shaun (Thomas Turgoose) si bocah lugu yang tinggal bersama Ibunya mengalami kejadian bully  di sekolahnya. Dia diejek oleh kawan-kawannya dengan membuat lawakan tentang ayahnya yang tewas di Falkland War. Hal itu membuat shaun sedih dan bergegas untuk pulang ke rumahnya. Namun saat perjalanan ke rumah, tiba2 sekelompok skinhead menegurnya dan mengajaknya untuk membicarakan perihal yang membuatnya murung tersebut. Woody (Josep Gilgun) yang merupakan pemimpin disana, merasa iba kepada shaun dan mengajaknya untuk bergabung dengannya.

Konflik mulai terjadi ketika salah satu senior skinhead yang baru bebas dari penjara kembali dalam geng yang dipimpin Woody. Adalah Combo (Stephen Graham) , yang mulai menceritahkan kejadian dan pelajaran yang dia alami selama di tahanan. Disinilah shaun mulai dipengaruhi paham-paham idealis seperti rasis terhadap ras kulit hitam dan rasa nasionalis yang boleh dikatakan sangat radikal. Karena itu, Shaun sering dimarahi ibunya lantaran kelakuan dirinya seperti begundal jalanan,  tapi yang namanya bocah yah pasti ngelawan klo dibilangin ma orang tua hehehe.
Alur cerita dari This is England sangat terksean "indie". Terkadang menyoroti hal-hal keseharian, celoteh-celoteh dari orang-orang nongkrong bahkan perilaku konyol pun kerap ditampilkan. Menyaksikan film ini, kita sepert dibawah ke kehidupan sehari-hari kota inggris di tahun 80-an. Hal sedetail ini tentu tidak dapat dituangkan ke layar lebar kalau  naskah ceritanya bukan dari kisah nyata. Dan benar saja penulis sekaligus sutradara This is England merupakan tokoh shaun sendiri. Dia meneceritakan pengalaman hidupnya sewaktu kecil saat mengenal skinhead. 

Ada bebarapa point yang membuat film ini tampil mengesankan seperti aksen british yang begitu kental, one liner yang nyeletuk dari setiap pemerannya dan keluguan bocah mencari sosok "idola". Namun yang mencuri perhatian adalah sountrack musik dalam film ini begitu syahdu  dan  sangat memberikan kesan yang kuat bahwa THIS IS ENGLAND.

Score >>>> 9 / 10






Enjoyment >>>> 9 / 10

TRAILER 

Sutradara      : Shane Meadows
Penulis         : Shane Meadows
Pemain          :Thomas Turgoose , Stephen Graham, Joseph Gilgun
Durasi           :100 menit
Rating           : Dewasa
Release         : 27 April 2007
Bahasa          : English
Reward          : 
Recommended for 
- Senang dengan film beraksen british
- Melirik kehidupan skinhead dari sudut pandang ex-skinhead

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tanggapannya