Home » , » Review : Dallas Buyers Club 2013

Review : Dallas Buyers Club 2013

Dallas Buyers Club (2013) - Drama

      Storyline     

Ron Woodroof (Matthew McConaughey) seorang  teknisi dan penipu ulung kerap berkeliaran di acara rodeo tiba-tiba divonis mengidap HIV. Menurut analisa dokter dirinya tidak akan bertahan lebih dari 30 hari. Namun Ron tidak menyerah begitu saja, bermacam cara ditempuhnya untuk berjuang mengobati virus yang menggerogoti tubuhnya tersebut. Mulai dari sampai dengan cara yang nekad. 



     Review       

Sedikit orang yang mengetahui film ini, sampai Dallas Buyers Club menerima bermacam penghargaan di ajang academy awards dan Global award barulah banyak yang meliriknya. Klo boleh jujur, hampir sulit memasarkan film dengan tema yang sedikit kompleks dan tidak disusupi dengan actor ganteng atau actress cantik. DBC dihiasi oleh actor penghidap HIV, Banci berkeliaran dan dokter yang kebingungan. So, bagaimana premis seperti ini bisa laku di pasaran jika tidak terlebih dahulu memenangkan 3 piala oscar sekaligus. 



Mengangakat kisah tentang pengidap HIV yang divonis hidupnya tidak akan bertahan  lebih dari 30 hari. Sontak saja hal ini membuat Ron menjadi orang yang kehilangan arah hidup. Bahkan kawan-kawannya pun, enggan mendekati Ron karena penyakit yang dialaminya. Melihat keadaan dirinya yang semakin terpuruk, dia pun mencoba untuk mendaftarkan diri sebagai tester obat HIV. 
Disinilah dia bertemu dengan tester lainnya, seorang banci bernama Rayon (Jared Letto) yang saling berbagi cerita sesama pengidap virus mematikan ini. 

Namun tiba-tiba keputusan sepihak farmasi membatalkan produksi uji cobanya ini membuat Ron berpikir keras yang kemudian mendatangi seorang dokter yang ijin prakteknya telah dicabut karena mengembangkan obat yang tidak disetujui oleh badan medis. Dan .... WALAH!!! setelah dia melewati hari ke-30, dia masih hidup berkat obat yg diberi sang dokter. Ron berinisiatif untuk menjual obat ilegal ini secara sembunyi" dengan bantuan Rayon sebagai penghasilan hidupnya. Kehidupan baru pun dimulai.


There ain't nothin' out there can kill fuckin' Ron Woodroof in 30 days.
Rasanya tidak berlebihan pemeran Ron diberikan piala Oscar sebagai Aktor terbaik di ajang Academy Award 2014. Sebab, Matthew McConaughey rela menurunkan berat badannya sebanyak 20 kg agar terlihat seperti orang yg terkena AIDS. Dengan celoteh-celoteh ala koboi yang rada nyeleneh semakin mengukuhkan dirinya layak menyandang trophy tersebut. Tidak ketinggalan peran banci Rayon yang dimainkan sangat apik oleh Jared Letto, juga turut menyumbang satu oscar sebagai the best supporting actor. Sebagaimana kita ketahui Jared yang juga vokalis 30 second to mars ini, belum pernah memenangkan penghargaan bergengsi sekalipun sejak karir layar lebarnya dimulai tahun '95.


Dallas buyers club memiliki ritme yang sangat menyenangkan di setiap scene nya. Berjalan dengan alur  yang smooth dan variasi konflik menjadikan sebuah daya tarik. Suasana tahun 80'an dengan kejayaan rodeo-nya dan style koboi juga dapat memberikan warna tersendiri kepada penontonnya. Totalitas peran dari Matthew dan Jared, semakin memberikan andil yang sangat besar bahwa film ini tidak hanya sekedar bak akting saja, tetapi seperti karakter yang benar-benar nyata dirundung kepenatan hidup. Tidak lupa sang sutradara  Jean-Marc Vallée membumbuhkan black-comedy agar suasana film menjadi lebih santai dan bisa dinikmati oleh penontonnya. Mungkin yang menjadi "kegelisahan" ialah tidak adanya aktor/aktris cakep yang beralu-lalang sepanjang penayangannya. Namun bagi saya itu bukanlah kendala untuk menikmati film berkelas seperti ini .


Jika anda mencari tontonan yang berkualitas, dan memiliki sarat makna akan perjalanan kehidupan maka saya sarankan untuk tidak melewatkan film satu ini. DBC memberikan motivasi bagi audience nya agar jangan menyerah terhadap kesulitan yang menimpa diri kita. Life must go on !!!. FYI, film ini diangkat dari kisah nyata.

Score >>>> 9 / 10







Enjoyment >>>> 8 / 10






TRAILER 

Sutradara      : Jean-Marc Vallee
Penulis         :  Craig Borten, Melisa Wallack
Pemain         : Matthew McConaughey, Jennifer Garner, Jared Leto
Durasi           : 117 menit
Rating           : Dewasa
Release         : Februari 2014 - Indonesia,  USA- 22 November 2013
Bahasa          : English
Reward          : 1. Best Performance by an Actor in a Leading Role - Matthew McConaughey 2014
                       2. Best Performance by an Actor in a Supporting Role - Jared Leto 2014
                       3. Best Achievement in Makeup and Hairstyling 2014
                       4. Nominasi Best Motion Picture of the Year 2014
                       5. Nominasi Best Achievement in Film Editing 2014
                       6. Nominasi Best Writing, Original Screenplay 2014

Recommended for 
Movielover yang berlatarbelakang kesehatan.


Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tanggapannya