Home » , , » Wadjda

Wadjda

Wadjda (2013) - Drama


Sinopsis

Wadja mengisahkan seorang gadis kecil yang memiliki impian untuk membeli sepeda, namun niatnya tidak berjalan mulus dikarenakan perempuan menggunakan sepeda itu tidak diperbolehkan di Arab saudi. Berbagai usaha dia lakukan mulai dari meminta kepada orang tuanya untuk membelikan sampai dengan mengikuti perlombaan tajwid yang diselenggarakan di sekolahnya. Apakah wadjda bisa mewujudkan impiannya?








Review


If Rebellion is the only way to catch a dream

Motivasi apa yang ada dalam diri seorang sineas wanita asal Arab Saudi Haifaa Al-Mansour ketika membuat film layar lebar yang dimana kita ketahui bahwa di Arab Saudi, kita tidak menemukan satu bioskop dimanapun. Lantas buat apa membuat film jika masyarakat lokalnya tidak dapat menontonnya?.

Haifah ini merupakan satu dari segelintir para sineas diluar sana (Temo Brothers klo di Indonesia) yang memiliki idealis bahwa film adalah salah satu sarana bagaimana hasil kreasi kita dituangkan dan disampaikan ke seluruh dunia bukan hanya sekedar penghasil pundi-pundi uang semata.




Di film ini juga diceritakan beberapa aturan yang tidak boleh dilakukan oleh perempuan antara lain, ketawa cekikan (dikhawatirkan didengar oleh laki2 yang dimana suara merupakan aurat), menghindari pandangan lelaki, pelarangan memiliki gelang dan foto/majalah idola pria (pemain sepakbola/artis) dll. Dan satu peraturan yang paling absurd menurut gw adalah dilarang berpegangan tangan sesama perempuan (asli segitu ketatnya peraturan disana mencegah hal2 yg tidak diinginkan).

Film ini dibalut dengan drama yang menyentuh dan tak lupa humor yg menggelitik dari kepolosan gadis kecil ketika mencoba mendobrak batasan peraturan yg diterapkan di negaranya. Banyak issue peraturan pemerintahan, issue keluarga, issue politik yang dipaparkan sepanjang ceritanya.




Overall, Wadjda merupakan film yang paling "muslimah" yang pernah saya nonton sejauh ini. Film ini sangant direkomendasikan untuk melirik bagaimana kehidupan di arab saudi sana yg sangat ketat dengan hukum islamnya.

Score >>>> 8 / 10
Enjoyment >>>> 9 / 10

Sutradara      : Haifaa Al-Mansour
Penulis          : Haifaa Al-Mansour
Pemain         : Waad Mohammed, Reem Abdullah, Abdullrahman Al Gohani
Durasi            : 98 menit
Rating           : Semua Umur
Release         : USA - 13 September 2013
Bahasa          : Arab
Reward          : Bafta Award 2014 - Nominasi Film asing terbaik


Recommended for


Bagi yang ingin melirik potret kehidupan di Arab Saudi


Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tanggapannya