Home » , » Review : The Great Passage (2013)

Review : The Great Passage (2013)

The Great Passage (2013)  - Drama

     Storyline     

Tim publising Jepang sedang mengerjakan sebuah mega proyek yaitu Pembuatan Kamus Besar Jepang Modern. Akan tetapi, tim publishing tersebut memiliki anggota yang sangat kecil, untuk itulah diperlukan tambahan satu orang lagi yang benar-benar berbakat dalam pembuatan kamus. Adalah Majime anggota baru yang mulai diperkerjakan dalam pembuatan kamus tersebut. Namun banyak kendala yang dialami selama pengerjaannya salah satunya proses pembuatan kamus yang membutuhkan waktu selama belasan tahun. Mampukah mereka menyelesaikan kamus tersebut?


     Review       

The Great passage  adalah sebuah film tentang pembuatan kamus besar bahasa jepang modern. Ibaratnya di Indonesia seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Tetapi bukan sekedar kamus kosakata formal saja, The Great Passage yang merupakan nama kamus tersebut mencoba menambahkan kosakata informal layaknya bahasa yang sering digunakan oleh anak muda di jepang atau lebih dikenal dengan bahasa slang. Oleh karena itu, saya menyarankan bagi yang "alergi" terhadap buku mungkin alangkah baiknya anda mengabaikan film ini, sebab dalam durasi penayangannya kita akan disuguhkan buku-buku yang bertempuk di dalam ruangan. But, yang penasaran bagaimana pembuatan kamus besar Jepang setebal itu di rumuskan, boleh melirik film ini.


"Don't give up and keep trying until you succeed"
Majime (Ryûhei Matsuda) seorang  lulusan sastra yang baru bekerja di perusahaan penerbitan, tiba-tiba saja ditawarkan pekerjaan ke tim khusus pembuatan kamus. Tidak seperti kebanyakan orang yang enggan menerima pekerjaan membosankan tersebut, dia malah antusisas dengan pekerjaan barunya. Sebagai seorang kutu buku , pengalaman bekerja dalam perkamusan merupakan passion bagi dirinya. Majime sendiri digambarkan sebagai sosok weirdo,geek dan memiliki kesulitan dalam bergaul dengan orang lain. Sedangkan ia bekerja dalam tim yang membutuhkan kerjasama dengan anggota lainnya. Hal ini juga merupakan kendala bagaimana seorang Majime mampu berbaur dengan teman se-rekannya. 

Apakah sahabat pernah mendengar nama Ryuhei Matsuda atau mengenali wajahnya? Yah, dia bermain dalam film The Raid 2 : Berandal memerankan karakter keichi anak dari Goto. Mungkin peranannya dalam film the raid hanya sebatas supporting actor saja dan tidak memiliki kontribusi yang besar. Namun dalam film ini , dirinya tampil sebagai tokoh sentral berperingai kutu buku yang benar2 loyal terhadapekerjaannya. 


Film ini tidak hanya bercerita tentang kamus dan kamus, ada hal-hal lain yang  disentil oleh sutradara seperti perjuangan tim, perjuangan seorang geek yang mencoba berbaur dengan rekan kerjanya dan perjuangan cinta dari Majime sendiri. The Great  Passage menyajikan sebuah tontonan drama yang benar-benar menyentuh dengan  diselimuti kelucuan dari sikap lugu si tokoh utama, rasa haru ketika memperjuangkan penerbitan kamus tersebut yang memiliki banyak permasalahan selama pengerjaannya. Sebuah tontonan yang memotivasi kita untuk mengejar impian dan jangan berhenti sampai anda meraihnya.

Score >>>> 8 / 10

Enjoyment >>>> 7 / 10

TRAILER 

Sutradara      : Yûya Ishii
Penulis         : Shiwon Miura (based on the novel by), Kensaku Watanabe (screenplay)
Pemain         : Ryûhei Matsuda, Aoi Miyazaki, Jô Odagiri 
Rating           : Remaja
Release         : Japan -  13 April 2013
Bahasa          : Japan
Reward          : 

Recommended for 
Melirik pengerjaan kamus Jepang modern.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tanggapannya