Home » , » Review : Inside Llweyn Davis (2013)

Review : Inside Llweyn Davis (2013)

Inside Llweyn Davis (2013) - Drama | Musical


     SINOPSIS     

Llweyln adalah seorang pemusik pop balada yang mencoba memasarkan kembali karya lagunya setelah terpisah dari duetnya. Memulai solo karir nampaknya bukanlah hal yang mudah baginya, dikarenakan publik lebih mengenal perform grupnya ketimbang masing-masing personil . Karakter Llweyn sendiri digambarkan sebagai sosok idealis yang jarang "patuh" terhadapermintaal major label, yang membuatnya keramendapat  penolakan.



     REVIEW     

Musik balada merupakan aliran musik yang beriisikan melodi-melodi harmoni dengan narasi yang dilantunkan sang penyanyi. Biasanya mewakilkan suara komunitas untuk menyuarakan kondisi atau  potret kehidupan yang sedang terjadi. Lagu  balada asal mulanya dari iringan pertunjukan tari balet di negeri perancis. Lalu kemudian berkembang di negara daratan inggris yang kemudian mengalami alterasi dengan lirik-lirik percintaan yang lebih dikenal dengan aliran ballad pop. Di indonesia kita memiliki penyanyi legendaris aliran pop balada seperti Iwan Fals dan Ebit. G. Ade.

If it was never new, and it never gets old, then it's a folk song
Melirik kehidupan Llweyn (Oscar Issac) yang baru ditinggal oleh teman duetnya, segala nya berubah menjadi acak-acakan. Mulai dari kehidupannya yang tidak teratur, karir bermusik yang menurun, sampai hubungan dirinya dengan orang sekitar kerap kali memicu pertengkaran. Yah, sebuah keamburadulan hidup menghiasi sepanjang film. Namun dengan kondisinya sekarang ini, dirinya masih saja menganut idealis bermusik. Itulah yang membuatnya sulit menemukan major label yang ingin mengorbitkannya menjadi musisi besar.

Film ini berseting di era 60' dimana era ini merupakan masa keemasan dunia musik. Setiap orang yang berhasil menjadi artis ternama di waktu ini dipastikan akan menjadi legenda musik sepanjang masa. Di tahun inilah The beetles,elvis presley, bob dylan melegenda dengan aliran musik berbasis balada, walaupun pengembangannya menjadi ciri khas masing2 penyanyi itu sendiri. Dan, bagaimana klo anda adalah seorang musisi dengan aliran yang lagi tenar tetapi mendapati diri anda tidak menjadi bagian dari para legend music 60'.Sutradara Coen bersaudara mencoba mengilustrasikannya ke tokoh fiksi bernama Llweyn. 



Seperti yang sudah-sudah ,Karya Ethan Coen dan Joel coen ini lebih menekankan ke emosi dari si karakter itu sendiri. Mungkin sebagian orang tidak merasa menikmati alur dari film yang sedikit agak lambat dan kadang beberapa scene hanya minim dialog. Akan tetapi Inside Llweyn davis ini berisikan krtikan sosial menyangkuti perkembangan musik jaman sekarang, dimana tidak mementingkan kualitas dari musik melainkan permintaan pendengar musik yang mengikuti kualitas tersebut. 

Dari sisi cinematography, layak diberi sanjungan. Pasalnya dapat menggambarkan suasana era 60 di Amerika sana yang dibalut dengan suasana kelam, sekelam kehidupan Llweyn. Oscar Issac yang memerankan sang tokoh utama pun bermain dengan sangat baik. Hanya dengan memperlihatkan mimik wajah dan gestur tubuh saja , kita sudah dapat melihat kebingungan seorang musisi lantang-lantung mencari nafkah dari karir bermusiknya. Film ini juga dibumbui dry komedi dan beberapa kali ekspresi Oscar yang menilai kualitas musik terdengar buruk baginya dapat memancing tawa penonton. Soundrack musik dari film ini terdengar sangat indah, beberapa lagu yang saya senangi antara lain "Hang me, hang me", "500 hundred miles" dan "please mr. kennedy".



Karakter pendukung lainnya juga memberikan kontribusi yang cukup baik seperti Justin Timberlake, Max Cassela,John Goodman. Hanya saja, pada pertengahan cerita akan terasa jenuh dan saya rasa disini diakibatkan setiap karakter terkesan seperti beradu akting dan tidak berbaur. Secara keseluruhan film ini memberikan hiburan yang menyenangkan dan boleh dikatakan  Inside Llweyn Davis adalah salah satu drama musikal terbaik.

Score >>>> 8 / 10






Enjoyment >>>> 9 / 10




  TRAILER   

Sutradara      :  Ethan Coen, Joel Coen
Penulis         :  Ethan Coen, Joel Coen
Pemain         :  Oscar Isaac, Carey Mulligan, John Goodman, Justin Timberlake
Durasi           :  104 menit
Rating           :  15 +
Release         :  24 January - UK
Bahasa          : English
Reward          : 1. Nominee Best Achievement in Cinematography
                       2. Nominee Best Achievement in Sound Mixing

   Recommended for    
penikmat film drama musikal

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tanggapannya