Home » , , » Review : Blue Jasmine (2013)

Review : Blue Jasmine (2013)

Blue Jasmine (2013) - Drama | Comedy

SINOPSIS

Seorang wanita sosialita yang dulunya kaya raya seketika menjadi orang yang tidak punya apa-apa karena suaminya, baru saja digelandang ke jeruji besi. Ia pun meninggalkan kediamannya yang juga ikut disita oleh penyidik atas kasus yang dialami suaminya. Merasa tidak memiliki tempat tinggal, Jasmine pun bergegas ke tempat saudara angkatnya Ginger yang berada di kota kecil. Alih-alih ingin memulai lembaran kehidupan yang baru ternyata Jasmine dan Ginger sering cekcok lantaran beberapa kebiasaan Ginger tidak dapat diterimanya. Mampukah Jasmine meninggalkan kesedihannya dan memulai hidup yang lebih baik???

 REVIEW 

Dari judulnya , kita sudah mendapat gambaran mengenai kesedihan seorang Jasmine (blue : sedih). Bisa dibayangkan wanita sosialita yang bergaya hidup glamour yang kerjanya cuman hangout, shopping, nyalon (bukan nyaleg yah tapi ke salon), memamerkan benda-benda yang bermerek (tas hermes, louis futton, gucci, armani,bvlgari dkk) seketika menjadi kaum jelata. Bahkan sudah gak punya apa-apa pun, lagaknya macam orang yang punya. *banyak banget di Indonesia kyk gini.



Film ini dibumbui dengan black comedy, dibuka dengan scene dalam pesawat dimana Jasmin tidak henti-hentinya berbicara mengenai kehidupan glamournya waktu dulu kepada Ibu-ibu disebelahnya. Sampai pengambilan bagasi pun , Jasmine masih saja berceloteh. Tak lama kemudian suami ibu itu datang dan segera capcus lalu berkata kepada suaminya " Gila wanita itu tidak maw diam, padahal sy sama sekali tidak mendengar apa yg diobicarakannya".- *kejadian ini sepertinya kita sering alami dalam kehidupan sehari-hari :)) .

Film ini berjalan dengan alur maju-mundur, dan inilah yang menjadi daya tarik dari film ini. Setiap hal yang diributkan dengan saudaranya itu selalu berhubungan dengan masa lalunya yg dulu. Tiba2 kita melihat flashback dari jasmine dan ginger sehingga menjelaskan mengapa perselihan yang saat sekarang ini masih saja dipermasalahkan. Misalnya, ketika pacar Ginger tahu bahwa saudaranya menginap, pacarnya sangat membenci keadaan itu karena suami Jasmine pernah membawa lari uang yang dipercayakannya buat diinvestasi.  * lagi-lagi kejadian sering kita temukan sekarang ini.

"Some people, they don't put things behind so easily"
Cate Blanchet yang dipercaya memainkan peran Jasmine sangat-sangat amat bermain baik, Dia berhasil menggambarkan kerapuhan seorang wanita yang dulu berada diatas sekarang menjadi rakyat bawah. Acting saat dia sedih, senyum dalam kesedihan, malah kadang seperti org yg depresi (suka berbicara sendiri) sukses dibawakannya. Inilah mengapa Cate didaulat sebagai Aktris Terbaik dalam Academy Award 2014.

Secara keseluruhan film ini memiliki ide segar, guyonan yg segar dan itu tentu saja berkat penggarapan naskan dan direct dari seorang Sineas berkelas Woddy Allen. Tidak heran mengapa beliau sangat handal membuat film drama yg dibumbuhi black comedy sebagai mantan comic Standup comedy di Amrik sana. Ditambah lagi ending dari Blue Jasmine akan menghentak kita (shock ending) , dimana semua kesedihan yg dialami jasmine saat sekarang berhubungan dengan kejadian di masa lalunya

Score >>>> 9 / 10
Enjoyment >>>> 8 / 10

TRAILER 


Sutradara      : Woody Allen
Penulis          : Woody Allen 
Pemain         :  Cate Blanchet, Sally Bawkins, Alec Baldwin, Peter Sarsgaard
Durasi           : 98 menit
Rating           : Dewasa
Release         : Ga tayang diindonesia.... download aja  =))
Bahasa          : English
Reward          : 1. Best Performance by an Actress in a Leading Role - Cate Blanchett
                        2. Nominasi  Best Performance by an Actress in a Supporting Role - Sally Hawkins 
                        3. Nominasi  Best Writing, Original Screenplay - Woody Allen 

 Recommended for 
Pecinta film drama (bukan drama Percintaan yah )
- Cate Blanchet / Woody Allen fans

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tanggapannya